JL.Menteng 7 Komp.PIK No.A30-A03-B02-B32/ Line & Whatsapp 082167944665
081361410990 - 082167944665 alfahmikonveksi@gmail.com

Tips Mencuci Pakaian Baik & Benar

Kamu anak baru gede?
Udah disuruh cuci baju sendiri? Atau kamu anak kos?
Mesin cuci, gaada..
Mau laundry, mahall.

Nah, sekarang anda harus sudah mulai belajar untuk mencuci. Mencuci baju itu gabisa sembarangan lohh, ada teknik2nyaa. Kalau kamu asal2an, baju kamu bisa rusak dehh.

Bagaimana cara mencuci baju yang baik dan benar?
Nah, berikut ini tipsnya:

Bahan dan peralatan yang perlu disiapkan:
1. Ember untuk menampung baju
2. Sikat baju.
3. Alas cuci baju bila perlu.
4. Sabun/deterjen.
5. Pewangi pakaian secukupnya.
6. Air bersih (Bisa air sumur atau air PAM)

Nah, setelah semua persiapan diatas sudah matang. Sekarang dimulai deh mencucinyaa.
1. Pisahkan baju menurut tingkat kekotorannya, ada yg kotornya berat dan ada juga yang ringanĀ  Nantinya baju yang kotornya tergolong berat, akan mendapat perlakuan lebih khusus.
2. Rendam baju. Teknik merendamnya ada dua macam, pertama kamu bisa rendam dulu dengan air biasa (tanpa sabun), dan yang kedua bisa juga langsung rendam dengan air sabun/deterjen. Jika rendam dengan air biasa, kamu bisa rendam kurang lebih 1 jam. Hal ini dilakukan agar kotoran lebih mudah terkelupas. Setelah itu rendam dengan air sabun selama setengah jam saja. Jika langsung direndam dengan air sabun, rendam selama setengah jam saja, jangan lebih, apalagi sampai satu hari, bahaya. Hal ini berlaku untuk pakaian dengan tingkat kotor yang ringan maupun berat. Ukuran air dan deterjen itu terserah sama anda. Jangan terlalu kental banyak busa, dan juga jangan terlalu encer kebanyakan air.
3. Kemudian lakukan pengucekan terhadap baju kamu. Untuk baju yang tingkat kotornya ringan, dapat dikucek dengan tangan saja. Untuk baju yang tingkat kotornya berat, perlu tambahan penyikatan baju pada bagian yang teramat kotor menggunakan sikat baju. Gunakanlah sikat secara hati-hati, jangan terlalu keras nanti baju kamu bisa sobek.
4. Teknis mengucek baju: pegang satu sisi baju dengan tangan kiri, dan yang satu lagi dengan tangan kanan. Celupkan pakaian ke dalam air sabun hingga busanya menempel. Kemudian gesek2an kedua sisi baju yang telah kamu pegang itu. Gesek-gesek hingga keluar bunyi khas kucekan. Gesekan ini bisa dilakukan sebanyak 3-5 kali, tergantung tingkat kotor baju kamu. Lebih dari itu juga enggak apa-apa, asal jangan keterusan. Sedangkan teknik menyikat yang baik adalah: basahi dulu baju kamu dengan air sabun. Kemudian letakkan pakaian pada alas cuci baju atau lantai yang beralur.
5. Fokuskan penyikatan pada bagian yang terlihat jelas kotornya. Sikat sebanyak 8-10 kali, atau tergantung tingkat kotor baju kamu. Yang jelas, sikat sampai bersih dan hilang nodanya. Kalo terpaksa enggak bisa hilang noda itu, jangan terlalu dipaksakan. Setelah itu baju diperas agar air sabunnya tidak mengikuti.
6. Bilas bajunya. Tetapi sebelumnya siapkan terlebih dulu air bilasan. Air bilasan pertama harus banyak, agar busa sisa sabunĀ  bisa hilang. Caranya: celup-celupkan baju di dalam air bilasan sambil dikucek2 sedikit. Lakukan selama 3-5 kali celupan dan kucekan ringan.
7. Peras baju dan kemudian pindahkan pada ember penampung baju bilasan pertama. Langkah selanjutnya adalah bilasan kedua. Bilasan kedua menyempurnakan pembersihan sisa sabun pada bilasan pertama. Cukup dicelup-celupkan saja berulang kali sebanyak 3-5 kali lagi, sambil juga dikucek-kucek ringan. Jika ingin menambahkan pewangi pakaian, tuangkan dulu pewangi pada air bilasan, aduk rata. Setelah dibilas, siram baju dengan air bersih. Yang paling baik adalah air mengalir. Tapi air siraman juga tidak apa-apa. Sebanyak satu kali saja. Kemudian diperas. Kemudian letakkan pada penampung pakaian yang siap untuk dijemur. G
8. Kemudian jemur baju. Cara yang baik menjemur baju adalah peras dulu baju yang akan dijemur. Memeras bajunya jangan terlalu keras, yang penting sekitar seperempat airnya runtuh. Lalu kibaskan baju hingga bekas lekukan-lekukan hilang. Kemudian pasang gantungan baju dan kaitkan pada tali jemuran.
Tunggu baju jemuran hingga kering dengan sempurna. Setelah itu diangkat deh.

Dan berikut hal-hal yang perlu diperhatikan selama mencuci.
Jangan biarkan noda terlalu lama menetap pada pakaian.
Cara terbaik untuk menghilangkan noda adalah segera membersihkan begitu pakaian terpapar bercak kotoran. Gunakan produk pembersih noda khusus untuk membasuhnya dengan cepat. Jika Anda tak bisa langsung menanganinya, lakukan segera setelah Anda tiba di rumah. Meskipun Anda harus menunggu hingga beberapa hari untuk mencuci pakaian tersebut, akan lebih baik jika Anda melakukan perawatan darurat untuk mencegah noda makin sulit dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *